Rotating X-Steel Pointer

Selasa, 19 Desember 2017

ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KONSEP AKTIVA, KEWAJIBAN, DAN EKUITAS (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Madiun)

ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KONSEP AKTIVA, KEWAJIBAN, DAN EKUITAS
(Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota Madiun)


Muhamad Agus Sudrajat, SE, M.Si


 ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris pengaruh perbedaan pemahaman konsep aktiva antara mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK, memberikan bukti empiris pengaruh perbedaan pemahaman konsep kewajiban antara mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK, dan memberikan bukti empiris pengaruh perbedaan pemahaman konsep ekuitas antara mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK pada Perguruan Tinggi di Kota Madiun.
Penelitian ini menggunakan data angket/kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 178 kuesioner yang berasal dari mahasiswa terdaftar dan aktif di STIE Dharma Iswara Madiun, IKIP PGRI Madiun, Universitas Merdeka Madiun dan Universitas Widya Mandala Madiun pada program studi akuntansi maupun program studi pendidikan akuntansi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Kruskal Wallis Test.
Hasil pengujian menunjukkan, bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep aktiva antara mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK, tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep kewajiban antara mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK dan terdapat perbedaan pemahaman konsep ekuitas antara mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK.


Kata Kunci :  Aktiva, Kewajiban, Ekuitas, Mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK.




LINK : Scholar articles