Rotating X-Steel Pointer

Selasa, 19 Desember 2017

PENGARUH NPM, TATO TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

PENGARUH NET PROFIT MARGIN, TOTAL ASSET TURN OVER TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA


Muhamad Agus Sudrajat, SE., M.Si
agus_sudrajat84@yahoo.com



ABSTRAK
  
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris bahwa Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas ekonomi dan memberikan bukti empiris bahwa Total Assets Turn Over (TATO) berpengaruh signifikan terhadap Rentabilitas Ekonomi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengn variabel kontrol ukuran perusahaan (firm size).
Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2007-2011. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode Content Analysis. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 perusahaan manufaktur. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil pengujian menunjukkan, bahwa NPM berpengaruh signifikan terhadap Rentabilitas Ekonomi dan TATO berpengaruh signifikan terhadap Rentabilitas Ekonomi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2011.


Kata Kunci :  Net Profit Margin, Total Assets Turn Over, Firm Size, Rentabilitas Ekonomi.