Rotating X-Steel Pointer

Minggu, 18 Maret 2012

SILABUS SIA - STT

SILABUS
PERKULIAHAN SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2011/2012
STT DHARMA ISWARA MADIUN

 

 IDENTIFIKASI MATA KULIAH

 

Mata Kuliah                : Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Jenjang / Jurusan     : S1 / Teknik Informatika
Semester                   : II
Dosen Pengampu   : M. AGUS SUDRAJAT
Email                           : agus_sudrajat84@yahoo.com
                                             : agus.sudrajat84@gmail.com
Homepage                 : http://magussudrajat.blogspot.com/

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah sistem informasi akuntansi mencakup berbagai macam konsep teknologi informasi yang diterapkan pada sistem akuntansi yang meliputi siklus penyusunan laporan keuangan, penjualan, pembelian dan sebagainya. Pembahasan akan difokuskan pada aplikasi teknologi informasi dan unsur pengendaliannya. Selain itu juga akan dibahas tentang teknik pengelolaan data, data modeling, serta pengembangan SIA. Dan Mahasiswa akan bersimulasi dengan data akuntansi dan bereksplorasi dengan beberapa perangkat lunak akuntansi yang beredar di pasaran seperti aplikasi MYOB Accounting. Bagi mahasiswa yang akan menempuh mata kuliah ini diharapkan sudah memiliki pemahaman tentang Sistem Akuntansi dan Pengetahuan Dasar Komputer.


COURSE OBJECTIVE

1.     Memberikan pemahaman tentang SIA
2.   Memberikan pemahaman tentang konsep sistem informasi akuntansi sebagai penyedia informasi untuk pengambilan keputusan.
3.     Memberikan pemahaman terhadap komponen yang membentuk SIA
4.     Memberikan pemahaman tentang siklus-siklus akuntansi yang telah menerapkan teknologi informasi dan sistem pengendalian yang diperlukan serta memberikan pemahaman cara mengembangkan SIA melalui metodologi pengembangan sistem yang tersedia
5.   Mengenal beberapa perangkat lunak akuntansi yang tersedia dalam hal ini adalah MYOB (Mind Your Own Business) Accounting.
6.    Mampu memahami kebutuhan pengguna, dengan mengacu pada perangkat lunak yang telah beredar di pasaran, sehingga jika suatu saat mahasiswa tersebut akan membuat program infokom bagi perusahaan, mahasiswa telah memiliki gambaran mengenai apa yang perlu mereka rancang.


METODE PERKULIAHAN

Dosen pengampu mempunyai komitmen untuk membuat mahasiswa memahami materi yang akan diberikan di proses belajar-mengajar, sehingga tujuan mata kuliah ini dapat tercapai. Dosen menuntut mahasiswa mempunyai sasaran yang sama, yaitu komitmen untuk mempelajari dan memahami materi yang diberikan, sehingga tercapai suatu goal congruence antara dosen dan mahasiswa. 
Mekanisme perkuliahan akan ditekankan pada suatu model diskusi dan tutorial setiap pertemuan di kelas atau di laboratorium. Mahasiswa diharuskan untuk membaca materi kuliah terlebih dahulu sebelum acara tatap muka.

MATERI PERKULIAHAN


Pertemuan
Topik
1
Introduction
2
Sistem Informasi Akuntansi: (tinjauan sekilas)
3
Pengenalan Pemrosesan Transaksi SIA (Siklus Pendapatan, Siklus Pengeluaran, Siklus Produksi, dan Siklus Keuangan)
4
Pengenalan Aplikasi SIA
5
Load Beginning Balance Perusahaan Jasa
6
Agging Receivable & Agging Payable
7
Menu Account (Buku Besar) & Jurnal Umum
8
MID TEST
9
Account Banking (Jurnal Khusus Penerimaan dan pengeluaran Kas)
10
Account Sales (Jurnal Khusus Penjualan)
11
Account Purchase (Jurnal Khusus Pembelian)
12
Account Payroll & Time Billing
13
Account Inventory (Persediaan/inventaris)
14
Account Card File/File Management & Recuring
15
Analisa Laporan Keuangan
16
FINAL TEST


REFERENSI

1.  Wilkinson, J.W.; M. J. Cerullo; V. Raval; Bernard WW. Accounting Information Systems: Essential Concepts and Applications, New York, NY: John Wiley & Sons, Inc., Fourth Edition, 2000.
2.    Bodnar., George H. And William S. Hopwood, Accounting Information Systems, New Jersey: Prentice Hall, Inc., Eighth Edition, 2007.
3.     Amir Abadi Yusuf, Rudi M. Tumbunan, 2000. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Indonesia, Buku Satu, Jakarta: Salemba Empat
4.      James A. Hall, 2008. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Indonesia, Jakarta: Salemba Empat
5.      Zaki Baridwan, 2001. Sistem Informasi Akuntansi, Yogyakarta: BPFE
6.      Modul MYOB Accounting


ASPEK PENILAIAN


Komponen Nilai
Bobot
Presensi Absensi + Keaktifan Diskusi
30%
Mid Test
30%
Final Test + Tugas MYOB      
40%
Total
100%
Notes :
  •  Mahasiswa masuk kuliah minimal 80 % dari 16 x tatap muka. 
  • Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi absensi kehadiran 80 % akan diberikan sanksi (tidak bisa mengikuti Mid Test/Final Test, tugas tambahan). 
  • Ujian susulan hanya berlaku bagi mahasiswa yang berhalangan hadir karena sakit atau alasan-alasan yang dapat diterima dengan menyerahkan surat ijin/keterangan.


KONVERSI PENILAIAN (merujuk pada standar penilaian STT DIM)

RANGE NILAI
NILAI HURUF
BOBOT
90 – 100
A
4
80 – 89
AB
3,5
70 – 79
B
3
60 – 69
BC
2,5
50 – 59
C
2
40 – 49
D
1
0 - 39
E
0


PLAGIARISME

Plagiarisme adalah memasukkan kata-kata/kalimat/ide orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa menyebutkan sumbernya. Plagiarisme termasuk juga menyalin (meng-copy) sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin (meng-copy) dari buku, jurnal, web/blog, majalah, koran dan lainnya. Mahasiswa dilarang untuk melakukan praktek plagiarisme.

STATEMENT OF AUTHORSHIP
“Saya yang bertandatangan di bawah ini menyatakan bahwa tugas terlampir adalah murni hasil pekerjaan saya sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya gunakan tanpa menyebutkan sumbernya. Apabila dikemudian hari ditemukan adanya plagiarisme, maka saya tidak keberatan untuk diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, terima kasih.”
Nama                   :
NIM                     :
Semester / Kelas  :
Judul Tugas         :
Tanggal Dibuat    :
Tanda Tangan      :