Rotating X-Steel Pointer

Senin, 14 Maret 2011

SILABUS : TOTAL QUALITY MANAGEMENT


Silabus
PERKULIAHAN SEMESTER GENAP 2010/2011
STIE DHARMA ISWARA MADIUN


IDENTIFIKASI MATA KULIAH

Mata Kuliah
Jenjang / Jurusan
Semester
Jumlah SKS
Dosen Pengampu
Email

Web Blog
TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)
S1 / Manajemen
IV
3 SKS
M. Agus Sudrajat, SE
agus_sudrajat84@yahoo.com
agus.sudrajat84@gmail.com
http://magussudrajat.blogspot.com/

DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini dimaksukan menjelaskan konsep mutu secara umum, pengelolaan dan perbaikan mutu secara berkesinambungan dalam sebuah organisasi sehingga mampu menghasilkan barang dan jasa yang lebih baik dalam menciptakan daya saing organisasi. Dalam era globalisasi dan liberalisasi perdagangan, kunci utama untk meningkatkan daya saing suatu perusahaan adalah kualitas atau mutu produk barang dan jasa. Hanya perusahaan yang mampu menghasilkan barang atau jasa yang bermutu kelas dunia yang dapat memenangkan persaingan global.
Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu merupakan paradigma baru dalam menjalankan bisnis (dalam arti luas bukan saja perusahaan industri manufaktur, tetapi termasuk juga perhotelan, rumah sakit, restoran, perbankan, pendidikan dan birokrasi pemerintahan), yang berupaya memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan secara terus menerus atas mutu produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan organisasi.

COURSE OBJECTIVES
Setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan konsep manajemen terpadu, merencanakan perbaikan, mengimplementasikannya, memahami kebutuhan pelanggan, peran tem work, pelibatan karyawan, pengambilan keputusan, aplikasi JIT, pengertian ISO 9000 dan 14000, perbaikan berkesinambungan, dan implementasi Manajemen Terpadu. Selain itu, agar mahasiswa dapat memahami konsep dasar TQM yang tidak terlepas dari pembahasan tentang mutu, pendekatan ilmiah (penggunaan data akurat, dan analisis data), pelatihan, penerapan berbagai keputusan (decision making) dengan menggunakan alat analisis antara lain curah pendapat (brainstroming), diagram tulang ikan (fishbone diagram) Ishikawa, diagram Pareto, jaringan affinitas, diagram pancar, dsb.

MATERI PERKULIAHAN

PERTEMUAN
TOPIK
1
Introduction
2
Pengantar TQM (Sejarah, Definisi dan Latar Belakang)
3
Konsep-Konsep TQM
4
Standarisasi Manajemen Mutu Terpadu
5
Filosofi “5s” dan Dasar Manajemen Terpadu
6
Fokus Pada Pelanggan
7
Pelibatan Karyawan Dalam Meningkatkan Mutu
8
MID TEST
9
Kepemimpinan dan Kerjasama Tim
10
Pengambilan Keputusan dan Pemecahan Masalah
11
Pemanufakturan Just-In-Time (JIT)
12
Persiapan, Perencanaan dan Penilaian TQM
13
Hubungan SIM dan TQM
14
Implementasi TQM
15
Studi Kasus : Mutu Kinerja
16
FINAL TEST

REFERENSI
  1. G. Vincent. 2003. Total Quality Management, Manajemen Bisnis, PT. Gramadia Pustaka Utama Jakarta.
  2. Juran, J.M.,1995. Merancang Mutu; Ancangan Baru Mewujudkan Mutu Ke Dalam Barang Dan Jasa, (terjemahan) PPM., Jakarta.
  3. Juran, J.M. 1988. Kepemimpinan Mutu, Pedoman Meningkatkan Mutu Untuk Meraih Keunggulan Kompetitif, (terjemahan), PPM., Jakarta.
  4. Tjiptono, Fdan Diana Anastasia, 2003. Total Quality Management, Edisi Revisi, Andi Yogjakarta.
  5. Nasution, M.N. 2004. Manajemen Mutu Terpadu; Total Quality Manajemen, Ghalia Indonesia

METODE PENGAJARAN
·         Proses belajar pada mata kuliah ini menekankan pada metode kuliah dan diskusi di kelas.
·         Dalam beberapa pertemuan akan dilakukan latihan soal, simulasi dan analisa terhadap kasus.
·         Mahasiswa diwajibkan untuk mempelajari terlebih dahulu materi yang akan dibahas sesuai dengan yang tercantum pada silabus ini.
·         Bentuk tugas sesuai dengan sifat materi yang diberikan oleh dosen pengampu.
·         Gunakan fasilitas Kalkulator/Laptop/Notebook untuk mengerjakan latihan soal di kelas.

EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN
Komponen penilaian adalah sebagai berikut:

§         Midle Test (UTS)
§         Final Test (UAS)
§         Tugas + Absensi + Keaktifan di Kelas
30 %
30 %
40 %

TOTAL
100 %
Notes :
ü      Mahasiswa masuk kuliah minimal 80 % dari 16 x tatap muka.
ü      Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi absensi kehadiran 80 % akan diberikan sanksi.
ü      Ketidakhadiran dalam perkuliahan di kelas wajib menghubungi dosen pengampu dengan alasan yang dapat dipertanggun jawabkan. 

KONVERSI PENILAIAN
85-100     A
75-84       B
56-74       C
40-55       D
0-39         E
  
PLAGIARISME
Plagiarisme adalah memasukkan kata-kata/kalimat/ide orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa menyebutkan sumbernya. Plagiarisme termasuk juga menyalin (meng-copy) sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin (meng-copy) dari buku, jurnal, web/blog, majalah, koran dan lainnya. Mahasiswa dilarang untuk melakukan praktek plagiarisme.

STATEMENT OF AUTHORSHIP
“Saya yang bertandatangan di bawah ini menyatakan bahwa tugas terlampir adalah murni hasil pekerjaan saya sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya gunakan tanpa menyebutkan sumbernya. Apabila dikemudian hari ditemukan adanya plagiarisme, maka saya tidak keberatan untuk diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, terima kasih.”
Nama                   :
NIM                     :
Judul Tugas         :
Tanggal Dibuat    :
Tanda Tangan      :