Rotating X-Steel Pointer

Minggu, 13 Februari 2011

KOMPETISI DI PASAR LUAR NEGERI


MENGAPA PERUSAHAAN MENGEMBANGKAN DI DALAM PASAR INTERNASIONAL ?
Perusahaaan mungkin mengembangkan usahanya keluar baru ke pasar ddomestik untuk beberapa alasan
  1. Untuk memperoleh konsumen - baru ekspansi keluar negeri memberikan peluang potensial untuk menambah penghasilan keuntungan dan lain lain
  2. Untuk memperoleh harga yang rendah dan meningkatkan keunggulan kompetitif - banyak perusahaan mengarahkan penjualanya dilebih dari satu negara karena penjualan domestiknya memiliki volume yang lebih kecil hanya cukup untuk melengkapi
  3. Untuk memperbesar peran pada kemempuan intinya – perusahaan mungkin memiliki kemampuan dan kompetensi didalam posisinya serta memiliki keunggulan kompetitif didalam pasar luar negeri yang lebih baik dibandingkan dipasar domestik.
  4. Untuk menyebarkan bisnisnya dan mengambil resiko didalam pasar yang lebih luas – suatu perusahaan akan menyebar resiko bisnisnya dengan beroperasi dinegara-negaraasing tidaklah tergantung kepada seluruh bisnisnya dalam pasar domestik.

CROSS-COUNTRY DIFFERENCE IN CULTURAL, DEMOGRAPHIC AND MERKET CONDITION
Tanpa melihat motivasi perusahaan untuk melakukan ekspansi ke luar pasar domestic. Strategi digunakan untuk melakukan kompetensi di pasar luar negeri harus memperhatikan dan mengendalikan situasi yang ada. Budaya, keadaan demografi dan kondisi pasar suatu negara sangat berpengaruh secara signifikan. Budaya dan gaya hidup memiliki wilayah yang sangat nyata didalam tiap-tiap negara yang berbeda, pasar demografi dan pendapatan negara.
Salah satu perhatian perusahaan yang paling besar yang bersaing di dalam pasar asing adalah apakah ke kebiasaan sajian mereka pada setiap pasar negeri yang berbeda untuk memenuhi pilihan dan rasa dari para pembeli lokal atau apakah untuk menawarkan suatu produk yang distandardisasi yang di seluruh dunia.


CONSEP DARI PERSAINGAN MULTINEGARA DAN PERSAINGAN GLOBAL
Multicountry competition yang mana sangat banyak berhubungan dengan lintas negara didalam condisi pasar dan didalam tantngan perusahaan untuk dapat mengungguli pesaingnya didalam salah satu negara. Tantangan dari kompetisi multi negara adalah (1) perbedaan pembeli dan serangan dari produk yang berbeda disuatu negara (2) penjualan antar negara (3) condisi industri dan kekuatan kompetitif ditiap negara yang berbeda. Sedangkan Competisi global yang mana harga dan kondisi pasar yang competitif diantara lintas negara memiliki mata rantai yang sangatlah kuat.

STRATEGI UNTUK MASUK DAN DAN BERKOMPETISI DI PASAR LUAR NEGERI
Ada beberapa strategi yang jitu untuk perusahaan yang memutuskan untuk mengembangkan usahanya baik dipasar domestik dan pasar internasional
  1. Memiliki kedudukan di salah satu negara dan kemudian mengekspor barang kenegara lain -  menggunakan strategi memproduksi barang lokal kemudian melakukan ekspor barang keluar negeri merupakan sebuah gagasan yang sempurna untuk melakuakn perdagangan dengan luar negeri. Hal tersebut merupakan strategi yang konservatif melallui perairan internasional. Jumlah biaya untuk memulai melakukan ekspor barangn sungguhlah dapat diminimalisir.
  2. Memberikan lisesi pada perusahaan asing untuk menggunakan teknologi dari perusahaan asing atau produksi dan distribusi produk pada suatu negara
  3. Melakukan fanchising pekerjaan
  4. Mengikuti strategi multinasional
  5. Menggunakan strategi aliansi atau melakukan join venture dengan perusahaan asing pada sarana utama untuk memasuki pasar asing

MENYEDIAKAN KEUNGGULAN KOMPETITI DIDALAM PASAR LUAR NEGERI
Terdapat tiga cara yang sangat penting yang harus dilakukan oleh perusahaan yang mengambil keputusan untuk melakukan perluasan usaha kepasar luar negeri yang pertama menggunakan lokasi yang memiliki biaya yang rendah atau dengan meningkatkan differensiasi produk, untuk menggunakan suatu lokasi yang dapat meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan haruslah memperhatikan beberapa isu yang penting (1) dimanapun pusat aktifitas yang dilakukan haruskan memberikan kinerja yang baik (2) menentukan negara mana yang akan dijadikan lokasi aktifitas. yang kedua dengan melakukan transfer nilai kemampuan competitif perusahaan dan kapasitas yang berasal dari pasar domestik ke pasar luarnegeri salah satu cara yang terbaik untuk perusahaan dengan nilai kompetensi dan kekuatan sumber-sumber yang dimiliki untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dengan menggunakan kekuatan sumber-sumber yang dapat dipertimbangkan untuk memasuki dan meningkatkan pasar disuatu negara. dan yang ketiga adalah dengan menggunakan perpindahan lintas batas untuk kemampuan dan kapasitas untuk membangun keunggulan kompetitif, mengkoodinasi aktifitas perusahaan lintas negara memberikan sumbangan yang dapat menopang keunggulan kompetitif didalam beberpa cara yang  berbeda. Multinasional dan pesaiang global dapan memilih dimana dan bagaimana untuk menghadapai tantangan dari pesaing. Mereka mungkin akan melakukan perlawanan yang agresif terhadap pesaiang didalam suatu negara dimana pesaing memiliki volume penjualan yang besar atau memiliki marjin laba yang besar.

STRATEGI ALIASI DAN JOIN VENTURE DENGAN REKANAN ASING
Strategi aliasi dan join venture dengan rekanan asing serta perjanjian lainnya dengan perusahaan asing merupakan suatu hal yang foforit dan memiliki keunggulan yang potensial untuk masuk pada pasar internasional atau membangun kekuatan kompetitif peerusahaan pada pasar luar negeri.
Bagaimanapun juga pengaturan kerjasama diantara perusahaan lokal dan asing merupakan suatu harapan yang strategis yang melandasi perolehan akses yang lebihbaik untuk memasuki pasar disuatu negara, kemudian berikutnya adalah besarnya nilai harapa diantara lintas batas adalah besarnya pasar pada suatu pasar didalam negara yang bersangkutan – pengurangan biaya dapat dibedakan berdasarkan nilai kompetitif yang ditawarkan perusahaan.

MENENTUKAN STRATEGI YANG SESUAI DENGAN PASAR DI SUATU NEGARA
Beberapa strategi yang biasanya diambil perusahaan untuk pasar luar negeri
  1. Membangun kompetensi pada basisi harga yang rendah – pada dasarnya fokus utama konsumen pada suatu barang terletak pada harga suatu barang tersebut, yang mana dapat memberikan suatu harga yang rendah dari pada perusahaan pesaing yang berasal dari lokal maka perusahaan tersebut dapat merebut konsumen loka dengan harga yang rendah dengan kualitas produk yang kompetitif bahkan lebih baik
  2. Merekonstruksi beberapa aspek model usaha perusahaan untuk mengakomodir keadaan.
  3. Mencoba untuk melakukan perubahan pada pasar lokal  untuk memperoleh paduan yang sesuai