ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI
TERHADAP KONSEP AKTIVA, KEWAJIBAN,
DAN EKUITAS
(Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Kota
Madiun)
Muhamad Agus Sudrajat, SE,
M.Si
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk
memberikan bukti empiris pengaruh perbedaan
pemahaman konsep aktiva antara mahasiswa
yang berasal dari SMA, MA dan SMK, memberikan bukti
empiris pengaruh perbedaan
pemahaman konsep kewajiban antara mahasiswa
yang berasal dari SMA, MA dan SMK, dan memberikan
bukti empiris pengaruh perbedaan
pemahaman konsep ekuitas antara mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK pada Perguruan Tinggi di Kota Madiun.
Penelitian ini menggunakan data angket/kuesioner.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling,
sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 178 kuesioner yang berasal
dari mahasiswa terdaftar dan aktif di STIE Dharma Iswara Madiun, IKIP PGRI Madiun,
Universitas Merdeka Madiun dan Universitas Widya Mandala Madiun pada program studi akuntansi maupun program studi
pendidikan akuntansi. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Kruskal
Wallis Test.
Hasil pengujian menunjukkan, bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman
konsep aktiva antara mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK, tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep kewajiban antara
mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK dan terdapat perbedaan pemahaman konsep ekuitas antara mahasiswa yang berasal dari SMA,
MA dan SMK.
Kata Kunci : Aktiva, Kewajiban, Ekuitas, Mahasiswa yang berasal dari SMA, MA dan SMK.
LINK : Scholar articles
MA Sudrajad - WACANA EQUILIBRIUM, 2017